Palembang, Kemendikbud — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali mengajak warga sekolah dan masyarakat untuk berjalan sehat di Kota Palembang, Minggu pagi (12/8). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) berharap agar jalan sehat ini menjadi bentuk dukungan moral agar para atlet yang akan bertanding semakin termotivasi dan membawa Indonesia masuk dalam 10 besar negara dengan perolehan medali terbanyak dalam Asian Games 2018.

Sebanyak 15 ribu orang peserta jalan sehat dilepas oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, dari kantor Gubernur Sumsel di Jalan Veteran, Kota Palembang. Peserta berjalan sejauh 3,5 kilometer melewati Jalan Radial dan Jalan Kapten Rivai untuk kemudian kembali ke lokasi yang sama.

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbud, Didik Suhardi, menyampaikan bahwa peserta jalan sehat terdiri dari siswa, guru, tenaga kependidikan, pegawai unit pelaksana teknis (UPT) Kemendikbud, serta pegawai pemerintah provinsi Sumatera Selatan.

“Jalan sehat yang kita laksanakan pada hari ini, adalah acara jalan sehat yang terbesar dari beberapa provinsi yang telah kita laksanakan sebelumnya,” ungkap Didik.

Menko Puan Maharani mengapresiasi masyarakat yang bersemangat ikut gerak jalan pagi ini. Ia mengharapkan seluruh warga turut menyukseskan Asian Games yang segera dibuka pada 18 Agustus 2018 mendatang. Meskipun pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 dilangsungkan di Jakarta, Puan meminta supaya kemeriahan pesta olah raga kebanggaan Asia ini dapat juga dinikmati di Palembang dan semua pelosok tanah air.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen), Hamid Muhammad, yang turut mengikuti jalan sehat sehat ini mengajak warga belajar untuk memeriahkan Asian Games 2018. “Mari kita sukseskan Asian Games 2018. Semoga Indonesia mendapatkan medali emas sebanyak-banyaknya. Kita tonton dan meriahkan pertandingan Asian Games,” kata Hamid.

Bersama Menko PMK, turut hadir Gubernur Sumatera Selatan, Alex Nurdin, dan jajaran pejabat di lingkungan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kemendikbud, serta pemerintah provinsi Sumatera Selatan.

Cukup banyak hadiah lawang (doorprize) yang dibagikan pagi ini. Mulai dari kaus, boneka maskot, sepeda, hingga sepeda motor. Peserta diajak untuk berswafoto dengan menggunakan tagar #AsianGames2018 #AsianGamesDikbud #AsianGamesKita. (*)

Palembang, 12 Agustus 2018
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Laman: www.kemdikbud.go.id